Tempat Wisata Pantai Santolo di Garut

Salah satu destinasi wisata yang sering dipilih ketika musim liburan tiba ialah wisata pantai. Berenang di pantai dan bermain pasir menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Tempat Wisata Pantai Santolo adalah salah satu destinasi wisata yang bisa Kamu pilih ketika musim libur tiba.

Tempat Wisata Pantai Santolo di Garut

Tempat Wisata Pantai Santolo di Garut

Rute Menuju Tempat Wisata Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di daerah Garut Jawa Barat, jika dari Bandung bisa ditempuh sekitar 6 jam perjalanan menggunakan motor. Ada dua rute yang bisa ditempuh yaitu melalui rute Bandung-Garut Kota-Cikajang-Santolo, atau bisa juga melalui rute Bandung-Pangalengan-Ranca Buaya-Santolo.

Tempat Wisata Pantai Santolo di Garut

Hamparan Kebun Teh – Rute Pangalengan

Admin menyarankan untuk menggunakan rute pangalengan karena bisa menghindari kemacetan kota Garut dan sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan oleh pemandangan hamparan kebun teh yang indah, dan dari Ranca Buaya ke Santolo (sekitar 1 jam) sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan laut yang indah sehingga perjalanan pun tak terasa capenya. Admin sendiri tidak menyarankan menggunakan jalur Garut Kota-Cikajang-Santolo karena daerah sekitar Cikajang jalannya walaupun sudah diaspal tetapi tidak rata, sehingga bagi pengguna motor (khususnya pengguna motor matic) pasti akan terasa banget pegel-pegel ditangan.

Tempat Wisata Pantai Santolo di Garut

Rute Garut Kota – Cikajang, kurang bagus untuk pengguna motor

Untuk lebih jelasnya bisa melihat rute dari google map yang sudah Admin buat dibawah ini :

Harga Penginapan di Pantai Santolo Garut

Harga penginapan di Tempat Wisata Pantai Santolo sangat bervariasi, dari harga 100rb hingga 400rb ada, tentunya ada harga ada fasilitas ya. Jika Kamu ingin penginapan yang langsung menghadap ke pantai harganya agak mahal, Admin pernah menginap di Penginapan dan Rumah Makan Bogarasa, harga untuk single bed (kamar mandi diluar) harganya 200rb/malam, sedangkan untuk double bed (kamar mandi di dalam dan ada kipas angin) harganya 400rb (harga bisa berubah jadi persiapkan budget lebih). Setelah tanya-tanya penginapan yang lainnya ada juga yang menawarkan harga 100rb, nah kalau penginapan yang tidak menghadap ke pantai untuk kamar yang ada kamar mandinya didalam sekitar 300rb.

Tips : Banyak sekali penginapan yang ada di Pantai Santolo, dengan beragam harga dan fasilitas, Admin menyarankan memilih penginapan yang tidak langsung menghadap pantai agar harganya bisa lebih murah. Tanya-tanya dulu harga dan juga lihat fasilitas yang ada dikamarnya. Jika hari libur, semakin sore penginapan semakin penuh, jadi pastikan ketika datang langsung cari penginapan dulu agar tidak kehabisan, karena kalau sudah sore penginapan dengan fasilitas yang bagus biasanya sudah pada penuh, sisa penginapan yang murah dengan fasilitas yang minim.

Bagi Kamu para Backpacker yang ingin membuat tenda di sisi laut bisa kok, ketika Admin kesana malam hari banyak para pengunjung yang mendirikan tenda di pinggir pantai, biasanya yang mendirikan tenda adalah anak muda yang datang bergerombol dan mendirikan tenda yang cukup besar, ini bisa jadi solusi bagi Kamu yang ingin menghemat pegeluaran untuk penginapan.

Sunrise dan Sunset di Pantai Santolo

Untuk melihat Sunrise dan Sunset Admin menyarankan untuk menyebrang ke Pulau Santolo, biaya untuk menyebrang dengan perahu hanya 2rb/orang. Pulau Santolo tidak kalah indah karena hamparan pantai karang yang dangkal kita bisa jalan-jalan dan mencari ikan-ikan kecil yang bersembunyi di terumbu karang, di Pulau Santolo juga ada spot selfie yang bagus dan sangat direkomendasikan, jadi jika Kamu mengunjungi Pantai Santolo maka Pulau Santolo wajib dikunjungi juga. Pantai Santolo dan Pulau Santolo itu masih di satu tempat ya, hanya terpisah oleh sungai yang cukup lebar sehingga harus naik perahu untuk menyebranginya.

Tempat Wisata Pantai Santolo di Garut

Spot Selfie Pulau Santolo

Oleh-Oleh Pantai Santolo

Pergi kelaut pulangnya ga bawa ikan serasa ada yang kurang, salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa adalah ikan segar. Ada ikan kakap merah, ada ikan tongkol, cumi, lobster dan ikan lainnya dengan harga yang cukup terjangkau. Ikannya bisa dibawa segar atau juga bisa minta pedagangnya untuk direbus dulu (tujuannya agar ikan tidak membusuk di perjalanan), tapi Admin tidak menyarankan untuk direbus karena kadang ikannya tertukar dengan pembeli lain, jadi kalau jaraknya hanya 6-7 Jam perjalanan tidak direbus juga tidak busuk diperjalanan kok.  Happy Travelling . . . AnekaTujuanWisata.Com

 

Add Comment