Mengenal Keelokan Destinasi Wisata Kepulauan Raja Ampat Papua

wisata ke raja ampat, raja ampat, wisata ke papua, Mengenal Keelokan Destinasi Wisata Kepulauan Raja Ampat Papua

Wisata Kepulauan Raja Ampat Papua – Kepulauan Raja Ampat adalah destinasi wisata yang terletak di wilayah Papua lebih tepatnya di provinsi barat papua. Wisata ini sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keelokan alamnya yang sangat mempesona. Salah satu bentuk kepopuleran objek wisata Raja Ampat adalah dengan adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere yang berjudul ” Edis Paradise 3 “, dimana dalam film tersebut menceritakan keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang berada di kawasan Papua, yang mana wisata ini juga dijuluki sebagi kawasan Amazon Lautan Dunia.

Akses Menuju Kepulauan Raja Ampat Papua

wisata ke raja ampat, perjalanan ke raja ampat

Perjalanan wisata ke Raja Ampat memang memerlukan biaya yang cukup besar dan waktu yang lama. Jika Anda berniat melakukan wisata ke kepulauan Raja Ampat disarankan untuk mengikuti promo penerbangan menuju kota sorong. Atau memilih jalur alternatif melalui jalur laut menggunakan kapal PELNI menuju kota sorong. Selanjutnya dari kota sorong naik angkutan umum menuju pelabuhan, di sini kita harus terlebih dahulu membeli tiket masuk kawasan Raja Ampat. Dari pelabuhan sorong kita dapat menggunakan transportasi kapal rakyat yang berlayar setiap pukul 14:00 WIT menuju ibu kota Raja ampat dengan biaya Rp. 120.000 per orang selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan Di Kepulauan Raja Ampat

Objek wisata di Papua ini banyak menawarkan pesona keanekaragaman hayati, yang boleh dibilang cukup melimpah. Disini Anda bisa menemukan beragam jenis karang dan spesies ikan. 75 % species karang yang ditemukan di seluruh dunia ada disini, yang jumlahnya sekitar 10 kali lipat jumlah jenis karang yang pernah ditemukan di seluruh karibia. Anda juga akan menemukan sekitar 27 species ikan langka yang hanya ada di sini. Selain itu disini juga terdapat 5 species penyu laut langka, 13 species hewan mamalia laut, dan 57 species udang mantis. Jadi sudah bisa dibayangkan keunikan yang dimiliki oleh destinasi wisata ini. Kondisi ini juga didukung oleh struktur tanah yang endemik, kekayaan biota laut serta kebudayaan dan kearifan penduduk lokalnya.

wisata ke waigeo, waigeo, hantu laut papua, Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan Di Kepulauan Raja Ampat

Selain itu Anda juga bisa menyaksikan fenomena alam yang unik serta menarik yang berada di bagian timur Waigeo, yakni menyaksikan “Hantu Laut” Fenomena ini dihasilkan oleh sebuah sinar yang berasal dari air laut atau fenomena pemandangan sunset, yang bisa disaksikan diatas perahu dan mengitari permukaannya dengan kurun waktu 10 hingga 18 menit. fenomena ini hanya bisa dilihat setiap akhir tahun saja.

Tidak hanya itu dibagian utara dan barat kawasan Waigeo juga terdapat sebuah pertunjukan permainan suling bambu tradisional yang oleh masyarakat sekitar
disebut dengan suling tambur. Biasanya pertunjukan tradisional ini diadakan apabila ada sebuah festifal keagamaan atau pada saat peringatan Hari Kemerdekaan RI (17 Agustus) serta dalam upacara penyambutan kunjungan pejabat (pemimpin) penting.

Destinasi berikutnya adalah Pulau Ayau, Pulau Ayau merupakan kumpulan pulau-pulau kecil yang terletak di Kepulauan Karang, dengan ukuran yang cukup besar dan dasar lautnya berpasir putih, Pulau Ayau bisa menghubungkan satu pulau dengan pulau yang lainya. Anda juga bisa menyaksikan masyarakat setempat kususnya ibu – ibu dan anak – anak menangkap cacing laut atau insonem.

wisata waigeo selatan, pulau waigeo, wisata snorkeling

Selain itu Anda bisa juga mengunjungi Waigeo Selatan, yang merupakan sebuah destinasi favorit penggemar diving dan snorkeling selain destinasi wisata diatas tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi lainya adalah rumah kapal houseboats dan pulau karang di kepulauan Wayag.

Untuk melestrikan keanekaragaman hayati di Kepulauan Eaja Ampat, ada dua lembaga internasional yang konsen melakukan usaha konservasi yaitu TNC (The Nature Conservancy) dan CI (conservation Internsional). Menurut SK Menhut No. 81/kptsll/1993, pemerintah RI juga telah menetapkan laut sekitar Waigeo selatan yang mencapai luas 60.000 hektare sebagai suaka margasatwa laut.

Nah Itulah ulasan mengenai destinasi keelokkan wisata Raja Ampat. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

 

Add Comment