Indahnya Panorama Pulau Belitung Dengan Nuansa Laskar Pelangi

Panorama Pulau Belitung yang indah, seiring dengan melejitnya popularitas novel sekaligus film karangan Andrea Hirata, secara tak langsung juga mendongkrak daya tarik Pulau Belitung menjadi destinasi alternatif bagi para wisatawan, baik wisatawan domestik hingga wisatawan asing.

Nah seperti apa pesona keindahan alam dari pulau yang berbatasan dengan Selat Gaspar dan Selat Karimata ini? Berikut ulasan tentang destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Pulau Belitung ini.

SD Muhammadiyah Gantong atau SD Laskar Pelangi

SD Muhammadiyah Gantong, sd laskar pelangi, pulau belitung

Setelah membaca dan menonton film Laskar Pelangi, Tempat yang tentu menjadi salah satu sorotan utama ketika berlayar ke Pulau Belitung ialah sebuah bangunan SD yang berdiri di bukit berpasir putih dengan danau-danau kecil yang menenangkan hati. SD Muhammadiyah Gantung atau masyarakat setempat menyebutnya Gantong, sebenarnya memiliki tiga bangunan sekolah di tempat yang berlainan. Pertama adalah bangunan asli yang sudah ada sejak dahulu kala, berikutnya adalah sekolah yang dibangun oleh pemerintah setempat, dan yang ketiga adalah bangunan yang dipakai oleh Lintang dan kawan-kawan dalam karya film Laskar Pelangi. Sayangnya, sekarang sudah tidak ada lagi bangunan asli, karena sudah direnovasi oleh pemerintah daerah menjadi bangunan semi modern.

Museum Kata Andrea Hirata

museum andrea hirata, pulau belitung

Museum yang berada di desa Lenggang, Gantung, Belitung Timur ini menyimpan berbagai dokumentasi karya Laskar Pelangi dan beberapa karya Sastra lainnya. Bahkan ruangan di museum ini dibuat dengan gaya tematik, diambil dari nama-nama tokoh yang meramaikan novel Laskar Pelangi.

Bukan hanya pribumi, turis mancanegara pun tidak sedikit yang berkunjung ke museum yang akan direncanakan berganti nama menjadi Museum Andrea Hirata ini. Untuk dapat menuju museum ini, dibutuhkan waktu dua sampai tiga jam perjalanan dari Tanjung Pandan. Sedikit saran kamu harus meluangkan waktu seharian untuk berkunjung ke museum ini. Karena kalau cuma 3-5 jam, rasanya sangat kurang puas. Nah buat penggemar serial Laskar Pelangi, tentu mampir ke museum ini adalah keharusan yang tidak boleh terlewatkan.

Pantai Tanjung Tinggi

pantai tanjung tinggi, pulau belitung

Pantai yang berada 37 km di sebelah utara kota Tanjung Pandan ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di Pulau Belitung. Betapa tidak, setelah film Laskar Pelangi mendunia, destinasi pantai Tanjung Tinggi ini langsung menjadi pantai yang paling sering dikunjungi oleh para pelancong. Buat kamu yang pernah nonton film Laskar Pelangi, tentu tidak asing dengan pantai ini. Ya, karena tokoh-tokoh dalam novel dan film Laskar Pelangi pernah berlarian di pantai ini, menginjakkan kaki-kaki mungilnya di atas debur pasir putih dan tepian pantai yang menyenangkan.

Teluk kecil yang diapit oleh dua semenanjung ini dihiasi oleh hamparan pasir putih dan bebatuan granit dengan berbagai ukuran menjadi pemandangan yang sempurna, dengan air yang tenang dan berwarna biru bersih, siapapun dijamin betah untuk berlama-lama main di pantai ini. Tapi, ingat, jaga kebersihan yaa.

Pulau Lengkuas

pulau lengkuas, pulau belitung

Pulau ini berada di sebelah utara Pulau Belitung. Untuk menuju ke Pulau Lengkuas ini, kamu bisa menempuhnya dengan menggunakan perahu nelayan yang kamu sewa dari Pantai Tanjung Kelayang. Hal menarik dari pulau lengkuas adalah mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati panorama di sekitar pulau ini. Selain pemandangan memukau yang ditawarkan oleh mercusuar ini, kamu bisa juga menikmati biota laut dengan ber-snorkeling ria di pesisir pantainya.

Sekian dulu ulasan wisata panorama Pulau Belitung yang begitu kental akan nuansa laskar pelangi. Masih banyak lagi tempat yang bisa kamu kunjungi di Pulau belitung ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih bagi pembaca semua.

Add Comment